• Kamis, 14 November 2024

Universitas Teknokrat Kembangkan Teknologi Melalui Game Edukasi di SMK Amal Bakti Lamsel

Jumat, 18 November 2022 - 22.06 WIB
1.2k

Dosen dan mahasiswa UTI saat menyelenggarakan program PkM dengan tema Game for Education di SMK Amal Bakti, Jatimulyo, Lampung Selatan, Kamis (17/11/2022). Foto: Dok.UTI

Kupastuntas.co, Lampung Selatan - Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menyelenggarakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema Game for Education di SMK Amal Bakti, Jatimulyo, Lampung Selatan, Kamis (17/11/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan serta mengembangkan teknologi dalam bentuk game (permainan) yang dapat digunakan dalam pembelajaran, khususnya pada para guru. Sehingga sekolah dan dewan guru dapat mengaplikasikannya pada proses belajar mengajar di kelas.

Pada kegiatan, para siswa berkesempatan membuat game yang dipandu oleh tim dosen dan mahasiswa. Mahasiswa sangat antusias dan bersemangat begitu pun para guru.

Guna menunjang kelancaran kegiatan, UTI menyiapkan laptop untuk seluruh guru dan siswa sehingga mereka dapat langsung mempraktikkan pembuatan game.

Adapun laptop-laptop tersebut merupakan Bantuan Penelitian dan Pengembangan Model Digitalisasi Pembelajaran dari Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Wakil Rektor UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyampaikan, UTI akan terus berupaya memberikan kontribusi terhadap perkembangan Pendidikan di Indonesia dengan mengembangkan pengaplikasian teknologi untuk Pendidikan.

"Lebih jauh, kegiatan PKM ini juga merupakan aksi nyata untuk membantu sekolah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dan digitalisasi pembelajaran," kata Mahathir.

Hal itu dikarenan perkembangan teknologi yang terus pesat dan oleh sebab itu perlu adanya upaya pengaplikasian teknologi terutama bidang Pendidikan.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kerjasama Kemenko PMK RI, Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) dalam tajuk Penerapan Kurikulum Merdeka berbasis Teknologi Digital kepada Guru dan Siswa SMA/SMK di Provinsi Lampung.

"Salah satu teknologi digital tersebut adalah gamification/game. Pada akhirnya kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi optimal dan menyiapkan generasi yang handal untuk mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045," terangna.

Dalam kegiatan, tim dosen yang bertugas adalah ADr. Afrianto, SS., M.Hum.; Ade Surahman, S.Kom., M.Kom., dan Yuri Rahmanto, S.Kom., M.Kom. dan tim mahasiswa yaitu Ryan Puji Cahyono, Nadiya Safitri, Izudin Ismail, dan Lili Andraini. Selain itu, sebanyak 41 Guru dan 40 Siswa Kelas XII berpartisipasi dalam kegiatan itu. (**)